Apa Sebenarnya Definisi Makar hingga Pemerintah Parno dengan Aksi Damai Bela Islam? Ini Jawabannya



Dakwah Media -  Dalam aksi bela Islam, termasuk aksi 313, beberapa tokoh yang mendukungnya, baik dari tokoh nasionalis atau ulama beberapa waktu lalu hingga kini tak lepas dituduh akan membuat makar kepada pemerintah. Namun benarkah makar itu dapat dilakukan oleh mereka yang dituduh tersebut?

Mantan Staf Khusus Presiden SBY coba menjelaskan arti/makna dari 'makar' ini. Menurutnya, bahwa makar tidak dapat dilakukan oleh rakyat biasa. Makar hanya dapat dilakukan oleh orang yang berada atau berada di dalam garis bersama pemerintah.

"Makar itu definisinya adalah tindakan insubordinasi dari dalam negara, bukan oleh rakyat," tulisnya, di akun Twitter pribadinya.

Maka jangan heran apabila masyarakat yang berada di luar pemerintah lantas tidak menerimanya bisa jadi akan menjadi bola salju dalam mengkritik rezim. "Radikalisme itu buah langsung dari penindasan politik terhadap perjuangan terbuka."

Di alam demokrasi, menurut Andi hal biasa apabila ada beberapa perjuangan untuk politik. Namun jangan heran apabila perjuangan mereka itu ditindas akan menghasilkan perjuangan yang tidak nampak oleh pemerintah.

"Kalau ditindas, jangan salahkan mereka memilih perjuangan sembunyi." [vic]


Silahkan Komentar yang Santun





Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Related Posts

Previous
Next Post »